Syarat dan Ketentuan

Selamat datang di Aplikasi PAYERINDO!

Terima kasih Anda telah mengakses situs atau mengunduh, menggunakan layanan, produk dan/atau aplikasi (“Aplikasi”) PAYERINDO. Aplikasi PAYERINDO adalah layanan aplikasi uang elektronik yang diterbitkan oleh Kami. Pada saat Anda mengakses, mengunduh atau menggunakan Aplikasi PAYERINDO maka Syarat dan Ketentuan ini berlaku terhadap Anda. Dengan melanjutkan mengakses, mengunduh atau menggunakan Aplikasi PAYERINDO, Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda telah membaca dengan teliti, memahami, menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan ini yang akan berlaku sebagai perjanjian antara Anda dengan Kami. Syarat dan Ketentuan ini juga berlaku setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan Aplikasi PAYERINDO melalui mitra penyedia platform lain yang menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kami dan menggunakan Aplikasi PAYERINDO sebagai salah satu metode pembayaran (“Partner PAYERINDO”).

A. Registrasi, Kode Verifikasi (OTP) dan Security Code

  • Registrasi
  1. Untuk dapat menjadi pengguna Aplikasi PAYERINDO (“Pengguna PAYERINDO”), Anda harus melakukan registrasi (i) melalui Aplikasi PAYERINDO, atau (ii) website PAYERINDO.
  2. Anda wajib memastikan kebenaran dan keakuratan setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dari waktu ke waktu Anda sampaikan kepada Kami atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada atau melalui aplikasi Partner PAYERINDO (“Data”).
  3. Registrasi Pengguna PAYERINDO baik melalui Aplikasi PAYERINDO atau melalui Website PAYERINDO diwajibkan untuk memiliki nomor ponsel aktif yang dibuktikan dengan memasukkan kode verifikasi berupa kode One Time Password atau “OTP” yang dikirim kepada nomor ponsel tersebut.
  • Kode Verifikasi (kode OTP)
  1. Kode OTP akan dikirimkan melalui Layanan email yang terdaftar ketika Pengguna PAYERINDO membuat akun PAYERINDO baru, masuk ke Aplikasi PAYERINDO, atau menghubungkan akun PAYERINDO dengan aplikasi Partner PAYERINDO.
  2. Opsi lainnya adalah pengiriman OTP melalui pesan whatsapp.
  3. Pengguna PAYERINDO wajib menjaga kerahasiaan kode OTP dan tidak membagikan kode OTP kepada siapa pun.
  • Security Code / PIN
  1. Saat proses registrasi akun baru, Pengguna PAYERINDO diwajibkan membuat Security Code.
  2. Security Code / PIN dibuat oleh Pengguna PAYERINDO saat melakukan registrasi akun, yang terdiri dari 6 (enam) digit angka yang tidak boleh berulang atau berurutan.
  3. Kami berhak untuk melakukan blokir sementara atas akun PAYERINDO apabila Pengguna PAYERINDO memasukkan Security Code yang salah sebanyak 3 (tiga) kali berturut – turut.
  4. Security Code / PIN akan digunakan setiap melakukan transaksi menggunakan aplikasi / website PAYERINDO
  5. Pengguna PAYERINDO wajib menjaga kerahasiaan Security Code / PIN dan tidak membagikannya kepada siapa pun.
  6. Untuk beberapa smartphone tertentu, terdapat kapabilitas mengaktifkan biometric recognition sebagai pengganti security code. Segala hal yang terjadi dengan diaktifkannya fitur tersebut merupakan tanggung jawab Anda.

B. Biaya Layanan

Kami dapat mengenakan biaya dalam rangka penggunaan layanan pada Aplikasi PAYERINDO, termasuk namun tidak terbatas pada layanan pengisian saldo (top-up), pembayaran, transfer, redeem, dan/atau pencairan uang. Keterangan mengenai jumlah biaya yang dikenakan akan kami sediakan melalui media komunikasi, website, dan/atau media lain yang Kami tentukan dari waktu ke waktu.

C. Klasifikasi Akun PAYERINDO

plikasi PAYERINDO menawarkan 3 (tiga) jenis klasifikasi akun Pengguna PAYERINDO dengan jenis layanan atau fitur-fitur yang berbeda. Klasifikasi akun tersebut adalah:

  • PAYERINDO Personal unverified
  1. PAYERINDO Personal unverified adalah klasifikasi akun PAYERINDO unregistered sebagaimana diatur dalam Peraturan Bank Indonesia yang memungkinkan Pengguna PAYERINDO untuk dapat menikmati beberapa fitur layanan uang elektronik secara terbatas.
  2. Untuk PAYERINDO Personal unverified, maksimum maksimum transaksi yang dapat dilakukan adalah Rp 500.000 (lima ratus ribu Rupiah).
  3. Untuk dapat memanfaatkan fitur layanan lainnya pada Aplikasi PAYERINDO, maka Anda dapat meng-upgrade akun PAYERINDO Personal unverified Anda menjadi akun PAYERINDO Personal Verified.
  • PAYERINDO Verified
  1. PAYERINDO Verified adalah klasifikasi akun PAYERINDO registered sebagaimana diatur dalam Peraturan Bank Indonesia yang memungkinkan Pengguna PAYERINDO untuk dapat menikmati fasilitas uang elektronik secara lebih luas dibandingkan PAYERINDO unverified.
  2. Untuk PAYERINDO Verified, maksimum saldo PAYERINDO Cash adalah Rp 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah) dengan batas nilai transaksi dalam 1 (satu) bulan paling banyak Rp 20.000.000 (dua puluh juta Rupiah), yang diperhitungkan dari transaksi yang bersifat incoming.
  3. Pengguna PAYERINDO Verified dapat memanfaatkan seluruh layanan yang disediakan oleh Kami saat ini dan/atau yang akan ada di kemudian hari, termasuk namun tidak terbatas pada fitur transfer, layanan budgeting, redeem dan/atau pencairan uang, dan layanan lainnya.
  4. Perlu Anda memahami bahwa Kami bukan bank. Saldo akun PAYERINDO Anda bukan merupakan tabungan berdasarkan pengertian hukum yang berkaitan dengan perbankan, tidak tunduk pada program perlindungan oleh Lembaga Penjamin Simpanan dan tidak berhak atas setiap fitur yang umumnya melekat pada suatu rekening bank (seperti bunga, dsb).
  5. Prosedur untuk meng-upgrade akun PAYERINDO unverified menjadi PAYERINDO Verified:
  • Pengguna PAYERINDO dapat melakukan upgrade melalui prosedur Know Your Customer (KYC) melalui metode/tempat yang ditentukan oleh PAYERINDO.
  • Untuk melakukan upgrade, Pengguna PAYERINDO wajib menyampaikan kartu identitas yang masih berlaku dan mengisi spesimen yang disediakan oleh Kami, dan apabila diperlukan melakukan swafoto (selfie) dengan kartu identitas yang masih berlaku melalui media yang diatur oleh Kami.
  • Kartu identitas yang digunakan untuk melakukan upgrade akun adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik yang masih berlaku (untuk WNI) dan/atau paspor yang masih berlaku (untuk WNA).
  • Semua data yang terdapat di kartu identitas tersebut harus dapat terbaca untuk mempermudah verifikasi Kami.
  • 1 (satu) kartu identitas hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) akun PAYERINDO.
  • Kami berhak sewaktu-waktu meminta Pengguna PAYERINDO untuk memberikan Data pendukung ketika melakukan upgrade dan Pengguna PAYERINDO setuju akan hal tersebut.
  • Kami berhak melakukan pengkinian data Pengguna PAYERINDO dalam hal termasuk namun tidak terbatas pada apabila Kami menemukan Data yang tidak berlaku lagi, dan Pengguna PAYERINDO setuju akan hal tersebut.
  • Apabila Pengguna PAYERINDO tidak berhasil melakukan pengkinian data di jangka waktu yang diberikan PAYERINDO dan apabila PAYERINDO menemukan Data yang tidak berlaku, atau tidak sesuai, PAYERINDO berhak untuk meng-downgrade akun pengguna tersebut dari status verified ke unverified.
  • Kami berhak menolak permintaan upgrade Pengguna PAYERINDO, jika Data yang diberikan tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Kami.
  • PAYERINDO Bisnis
  1. PAYERINDO Bisnis adalah klasifikasi akun PAYERINDO untuk kebutuhan berbisnis. Pengguna dapat menikmati fitur yang lebih lengkap yang tidak ada pada PAYERINDO personal.
  2. Dengan PAYERINDO Bisnis pengguna dapat menikmati kemudahan dalam melakukan pengiriman dan penerimaan uang digital. Terdapat invoice untuk penagihan dan payment link untuk mempermudah menerima pembayaran dari pelanggan.
  3. Pengguna PAYERINDO Bisnis dapat memanfaatkan seluruh layanan yang disediakan oleh Kami saat ini dan/atau yang akan ada di kemudian hari, termasuk namun tidak terbatas pada fitur transfer, layanan budgeting, redeem dan/atau pencairan uang, dan layanan lainnya.
  4. Persyaratan khusus untuk mendaftar akun PAYERINDO Bisnis adalah :
  • Identitas Pemilik Usaha
    Nama, nomor yang bisa dihubungi, dan alamat email.
  • Identitas Usaha
    Nama toko/gerai, bidang usaha, jenis usaha (kecil atau besar), dan alamat lengkap toko/gerai (sertakan nama kota dan kode pos).
  • Data Pendukung
    Cantumkan dokumen proposal pengajuan kerjasama (format PDF), dan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

D. PAYERINDO Balance

  1. PAYERINDO Balance adalah saldo uang elektronik yang terdapat di dalam akun Anda yang dapat Anda gunakan untuk berbagai macam transaksi melalui layanan yang tersedia di Aplikasi PAYERINDO.
  2. Pengguna dapat melakukan top-up (atau menambah) saldo PAYERINDO Balance melalui media-media top-up resmi yang Kami sediakan dan diinformasikan melalui situs resmi PAYERINDO dan/atau media komunikasi lainnya.
  3. Kami tidak bertanggung jawab atas keberhasilan dan/atau kegagalan top-up saldo yang dilakukan melalui media-media top-up, seperti bank, Partner PAYERINDO, dan/atau media-media top-up lainnya.

E. PAYERINDO POINTS

  1. PAYERINDO Points adalah program loyalitas yang ditujukan bagi Pengguna PAYERINDO, yang ketentuan pemberian, penghitungan dan penggunaannya berbeda dengan PAYERINDO Balance, dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku dan dapat berubah sesuai kebijakan PAYERINDO.
  2. PAYERINDO Points akan diberikan kepada Anda setiap kali Anda melakukan transaksi pada Aplikasi PAYERINDO yang telah memenuhi syarat untuk memberikan PAYERINDO Points sebagai program loyalitas.
  3. Jumlah PAYERINDO Points yang diberikan kepada Anda dapat berbeda-beda bergantung pada kebijakan PAYERINDO dan/atau kesepakatan antara PAYERINDO dengan Partner PAYERINDO.
  4. PAYERINDO Points akan diberikan setelah transaksi yang dilakukan berhasil, sepanjang tidak melewati batasan maksimum pemberian PAYERINDO Points dan sesuai ketentuan program/promo yang berlaku.
  5. Anda dapat menukarkan atau melakukan redeem atas PAYERINDO Points yang telah Anda kumpulkan dengan beberapa pilihan penawaran barang, produk, dan/atau diskon yang menarik di Aplikasi PAYERINDO yang telah ditentukan. PAYERINDO Points juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dengan tetap mengacu pada angka (1) di atas.
  6. Setiap PAYERINDO Points yang Anda dapatkan tidak dapat diuangkan, dan/atau ditransfer, dan/atau dipindahkan ke Pengguna PAYERINDO lain.
  7. PAYERINDO Points yang Anda terima akan berlaku untuk jangka waktu 12 (dua belas) bulan sejak penerimaan PAYERINDO Points dan setelah jangka waktu tersebut terlampaui maka PAYERINDO Points tersebut tidak berlaku lagi. Harap diperhatikan bahwa jangka waktu berlakunya PAYERINDO Points ini tidak berlaku saat akun Anda dinyatakan Akun Tidak Aktif.
  8. Kami berhak untuk menarik kembali dan/atau membatalkan pemberian dan/atau membatasi penggunaan PAYERINDO Points kepada Anda dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya apabila: (i) transaksi yang mendasari diberikannya PAYERINDO Points tersebut dibatalkan, (ii) transaksi yang mendasari diberikannya PAYERINDO Points tersebut terindikasi merupakan suatu tindakan kecurangan, tindakan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, (iii) terdapat kesalahan sistem/perhitungan yang dilakukan oleh Kami atau Partner PAYERINDO, dan/atau (iv) ketentuan dan kebijakan internal PAYERINDO.
  9. Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait PAYERINDO Points, mohon mengacu pada Pusat Bantuan yang antara lain terdapat pada aplikasi PAYERINDO dan situs PAYERINDO, atau Anda dapat menghubungi Contact Channel atau Layanan Pengguna PAYERINDO sebagaimana diatur dalam huruf T (Hubungi Kami) Syarat dan Ketentuan ini.

F. AKUN TIDAK AKTIF (DORMANT ACCOUNT)

  1. “Akun Tidak Aktif” atau Dormant Account adalah akun yang tidak terdapat transaksi keuangan selama 6 (enam) bulan.
  2. Pengguna PAYERINDO dapat mengaktifkan kembali Akun Tidak Aktif, dengan cara melakukan 1 kali transaksi selambat-lambatnya dalam waktu 1 (satu) bulan sejak tanggal dinyatakan Akun Tidak Aktif. Akun Tidak Aktif tidak dapat melakukan transaksi finansial dan pembayaran di Partner PAYERINDO.
  3. Segera setelah jangka waktu sesuai angka (2) di atas berakhir, maka:
  • Jika Akun Saldo PAYERINDO Balance anda Rp 0 (nol Rupiah), kami akan melakukan penutupan atas Akun Tidak Aktif Anda tersebut secara permanen.
  • Jika anda masih mempunyai saldo PAYERINDO Balance, kami akan melakukan penonaktifan akun:
  1. Setelah akun PAYERINDO sudah di non-aktifkan, PAYERINDO akan memberlakukan biaya pemeliharaan akun yang sudah di blokir karena Dormant Account yang akan diambil dari saldo PAYERINDO Balance yang tersisa di dalam akun PAYERINDO. Ketentuan mengenai biaya pemeliharaan akun akan ditentukan kemudian oleh kami sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Anda dapat mengklaim saldo PAYERINDO anda dengan cara menghubungi Customer Service PAYERINDO setelah akun anda dinonaktifkan.
  3. Dalam jangka waktu 1 (satu) bulan tersebut, Anda juga dapat melakukan penarikan saldo PAYERINDO Balance dalam Akun Tidak Aktif Anda tersebut, dan Anda dapat juga menghubungi kami untuk meminta informasi lebih lanjut.

G. PENONAKTIFAN AKUN (BLOKIR), ATAU PENURUNAN STATUS (DOWNGRADE)

  1. Penonaktifan akun (blokir), baik secara sementara atau permanen atas akun PAYERINDO Personal atau Bisnis Anda dapat terjadi, termasuk namun tidak terbatas pada kejadian-kejadian berikut ini:
  • Permintaan blokir dari otoritas, instansi pemerintahan atau kepolisian;
  • Perintah pengadilan;
  • Laporan Anda bahwa telepon genggam Anda telah hilang, diretas, atau dicuri yang menyebabkan akun PAYERINDO Anda diretas;
  • Sebagian atau seluruh data yang Anda sampaikan tidak benar, tidak lengkap, palsu, fiktif dan/atau menyesatkan;
  • Terjadi penggunaan abusif atau indikasi transaksi yang mencurigakan;
  • Tindakan yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi, dan/atau syarat dan ketentuan lainnya yang terkait; atau
  • Tindakan atau transaksi yang merugikan Kami atau Anda.
  • Pihak lain yang melaporkan adanya tindakan mencurigakan dari akun tersebut disertai dengan bukti-bukti yang dianggap cukup untuk keperluan investigasi.
  • Berdasarkan penilaian dan kewenangan kami sendiri atas validitas akun Anda.
  1. Dalam hal akun Anda telah diblokir sementara dan berdasarkan bukti pendukung yang kuat yang Anda berikan tidak terdapat hal yang mencurigakan, Anda dapat menghubungi Kami sesuai ketentuan Syarat dan Ketentuan ini. Kami akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan apakah akan mengakhiri atau meneruskan pemblokiran akun Anda tersebut.
  2. Kami berhak untuk menonaktifkan secara permanen atau sementara akses Anda ke akun PAYERINDO Anda atau platform Partner PAYERINDO apabila ditemukan terjadinya indikasi penipuan atau kejahatan, baik yang Kami temukan atau atas bukti pendukung yang kuat yang diajukan oleh pihak ketiga atas akun Anda.
  3. Di samping kami berwenang untuk melakukan penonaktifan (blokir) akun Anda berdasarkan salah satu atau lebih hal yang disebutkan dalam poin (1) di atas, kami juga berhak untuk melakukan penurunan status (downgrade) akun PAYERINDO verified anda menjadi PAYERINDO unverified, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

H. PENUTUPAN AKUN

  • Kami berhak untuk menutup akun Anda, di mana untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan Kami yang Kami anggap baik, apabila terjadinya satu atau lebih kondisi di bawah ini:
  1. Permintaan Anda sendiri selaku pemilik akun, dengan ketentuan Anda telah menyelesaikan segala kewajiban Anda kepada Kami;
  2. 1 (satu) bulan setelah akun Anda dinyatakan Akun Tidak Aktif (Dormant Account);
  3. Anda meninggal dunia atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Anda wakili dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi;
  4. Akun atau Transaksi dalam akun Anda dinyatakan fraud (berdasarkan hasil investigasi Kami sendiri dan/atau dengan pihak kepolisian, dan/atau pihak ketiga);
  5. Keputusan Kami berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Tindak lanjut sehubungan dengan blokir atau penonaktifan akun berdasarkan poin (G) di atas.
  7. Penutupan akun di atas dilakukan dengan telah menyelesaikan kewajiban dan biaya yang timbul karenanya.
  • Jika akun PAYERINDO Anda ditutup berdasarkan angka 1 di atas, maka setelah verifikasi dilakukan, Kami dapat melakukan tindakan-tindakan penahanan, pemotongan, atau pendebetan saldo PAYERINDO Points dan/atau PAYERINDO Cash dalam akun Anda. Penahanan, pemotongan, atau pendebetan saldo dalam akun Anda dilakukan berdasarkan pertimbangan kami dan ketentuan yang berlaku, dan juga termasuk namun tidak terbatas untuk pemenuhan seluruh kewajiban pembayaran Anda kepada Kami atau Partner Kami (mohon mengacu pada huruf I (Kerjasama dengan Pihak Ketiga)), pembayaran biaya administrasi penutupan Akun dalam jumlah yang akan ditentukan oleh Kami dari waktu ke waktu atau biaya terutang lainnya (apabila ada) di akun PAYERINDO Anda. Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda.

I. PERLINDUNGAN DAN KERAHASIAAN DATA

Anda setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan dan penyerahan Data yang Anda sampaikan kepada Kami akan dilakukan dengan tunduk kepada Syarat dan Ketentuan ini dan kebijakan privasi yang terdapat di payerindo.com/kebijakan-privasi yang menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan ini.